Tips Merawat Mobil Yang Tepat Untuk Pengguna Baru

Anda pasti pernah berpikir bahwa merawat mobil adalah hal yang merepotkan, entah itu anda tidak mempunyai waktu luang, sibuk dengan pekerjaan maupun anda tidak mempunyai mobil.

Anda harus berpikir lebih kedepan lagi, karena dengan mobil yang tidak terawat akan membuat usia mobil berkurang atau hal yang paling fatal mobil rusak. Anda tidak mau kan hal seperti itu terjadi, maka dari itu berikut tips merawat mobil yang tepat.

  • Selalu Cuci Mobil

Bagi anda yang sering bepergian, badan mobil yang kotor adalah hal wajar yang terjadi. Namun jika anda sering tidak mencuci mobil anda, maka body mobil akan korosi karena kotoran. Entah itu lumpur, minyak, atau tanah yang menempel pada body mobil.

Usahakan anda mencuci mobil seminggu sekali. Juga jangan gunakan sabun cuci yang sembarangan, apalagi anda menggunakan sabun cuci piring ini adalah kesalahan yang fatal. Memang dengan menggunakan sabun cuci piring membuat mobil lebih bersih.

Namun ini malah merusak cat mobil, karena tingkat komposisi antara sabun cuci mobil dengan sabun biasa itu berbeda.

  • Ganti Oli secara Berkala

Tidak mau kan mobil anda yang tiba-tiba mogok dijalan. Jadi selain nada harus rajin mencuci mobil anda tidak boleh melupakan bagian mesin mobil anda.

Kunci utama untuk membuat mesin anda sehat adalah dengan hal simple yaitu mengganti Oli mesin secara berkala. Karena mesin akan selalu bekerja dengan baik apabila mendapatkan pelumas yang baik juga.

Apalagi anda sudah atau akan bepergian jauh ke luar pulau maupun travelling dengan mobil mengganti oli sesudah maupun sebelum bepergian adalah hal yang tepat.

Bagi anda yang hanya bepergian secara dekat atau Cuma untuk transportasi sehari-hari, anda bisa mengganti oli sebulan sekali. Jangan lupa untuk selalu melakukan Service mobil semua merk di bengkel resmi

  • Mengisi Bahan bakar Sesuai

Hal kecil yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah masalah bahan bakar. Kebanyakan malah hanya mengisi bahan bakar sembarangan, entah itu mereka mengisi PERTAMAX maupun PERTALITE. Banyak yang tidak memperhatikan tentang standar bahan bakar mobil mereka.

Padahal setiap mesin memiliki angka oktan yang berbeda-beda, karena semakin tinggi angka oktan nya makan BBM akan semakin lambat untuk terbakar.

Juga jangan mencampur adukan bahan bakar yang ada di tangki dengan bahan bakar lain. Misalnya awalnya di tangki mobil ada bensin dengan tipe Pertalite, lalu anda ini dengan pertamax plus. Ini adalah cara yang salah, karena bisa merusak performa mesin dalam jangka waktu yang panjang.

  • Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Hal paling simple untuk dilakukan namun sering diabaikan, yaitu memanaskan mobil. Sebagian pasti berpikir bahwa dengan memanaskan mobil akan membuang bensin yang ada.

Padahal dengan memanaskan mobil akan membuat oli yang di mesin dan bahan bakar akan lebih larut ke mesin. Di ibaratkan mesin tidak akan kaget karena habis bangun dari tidur.

  • Selalu Cek Kondisi Fisik Ban dan Kelengkapan Lainnya

Untuk keamanan anda juga harus mengecek kondisi ban, apakah sudah aus ataukah kurang angin nya. Juga cek kelengkapan mobil seperti surat STNK, BPKB, Ban cadangan, atau alat-alat lainnya.

Cek juga kondisi mesin mobil, dengan membuka kap mobil, apakah air radiator kurang maupun ada kabel yang terputus, cek juga kondisi lampu sein rem atau lampu depan.

Usahakan untuk mengecek mobil sebelum digunakan, hanya perlu waktu tidak sampai 10 menit untuk melakukan hal ini. Ini demi kesehatan mobil juga keselamatan anda.

Itu tips simple yang bisa anda praktekkan untuk menjaga kesehatan mobil anda, jika anda bisa melakukannya maka mobil anda akan selalu sehat dan terawat. Jangan lupa untuk mengunci mobil kalau sedang ditinggalkan, semoga ini bermanfaat untuk anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment