Ide Desain Rumah yang Cocok untuk Iklim Tropis

Ide Desain Rumah yang Cocok untuk Iklim Tropis

Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, alam akan tetap menjadi inspirasi dalam desain, termasuk pada arsitektur modern.

Yang bisa dilakukan adalah menata ulang alam ke dalam desain untuk menghasilkan komposisi-komposisi baru dan solusi. Inilah yang dikatakan Cosmas Gozali, arsitek, yang dengan karyanya selalu menunjukkan kecintaannya pada alam. “Potensi keindahan alam dapat memberi tambahan estetika pada rumah.

Alam juga memiliki energi yang bisa dimanfaatkan untuk penghematan,“ ujar Cosmas. Inilah yang menjadi alasan mengapa desain tropis pada rumah modern, diyakini Cosmas, akan bertahan di tahun mendatang. Tak hanya potensi keindahan alam, isu kelangkaan energi juga menuntut siasat desain arsitektur pada bangunan.

Tak hanya indah namun juga hemat. Itulah tujuan diterapkan konsep tropis ini. Ciri paling kental yang dapat dilihat dari desain tropis ini adalah adanya interaksi antara ruang dalam dengan ruang luar. Caranya, memasukkan ruang luar ke dalam dan membawa ruang dalam ke luar; memperhatikan evesiensi bentuk bangunan yang dicapai dari bentuk visual, pola sirkulasi, hingga layout yang efisien; serta kental dengan suasana alam yang diwujudkan dalam kehadiran pepohonan dan penggunaan material-material yang menampilkan karakter alam. Inilah beberapa contoh perwujudannya dalam desain

  • Jalan Masuk Cahaya

Cahaya matahari dapat dimasukkan melalui dinding maupun atap. Cahaya melalui dinding dilakukan dengan aplikasi jendela lebar dari kaca. Sedangkan cahaya melalui dilakukan dengan membuat skylight. Sebaiknya pengaturan sinar yang datang dari skylight dibuat tidak langsung mengenai area yang digunakan untuk aktivitas. Agar tak terjadi efek rumah kaca di mana rumah menjadi panas karena suhu udara panas yang terperangkap dalam ruangan, Cosmas Gozali memberikan tipsnya.

“Penempatannya harus tepat sesuai kebutuhan ruang dan digunakan untuk menyinari ruang yang tepat. Warna dan detail permukaan bidang yang terkena cahaya juga memengaruhi. Warna muda akan menghasilkan terang dan lebih dapat mengurangi panas. Orientasi bangunan dan luasan bidang yang langsung berhubungan dengan ruang luar pun diperhatikan,“ ujarnya. Tambahnya, “Di daerah dingin, bidang yang berhubungan dengan luar harus diminimalkan untuk mengurangi kehilangan panas. Dan jika di daerah panas maka bidang yang berhubungan dengan udara luar justru harus dimaksimalkan agar membantu pendinginan ruang.”

  • Plafon Tinggi

Sirkulasi udara segar, selain dari ventilasi terbuka, juga dilakukan dengan pengaplikasikan plafon tinggi (void). Dengan void, udara panas akan bergerak ke atas ruang dan mengalir lancar sehingga udara di dalam rumah menjadi lebih dingin. Plafon tinggi yang diterapkan pada carport memungkinkan view fasad rumah tetap terlihat atau cahaya alami tak tertutupi sehingga memberi kesan rumah yang terbuka dan segar.

  • Minimalkan Dinding Pembatas

Ini dilakukan agar ruang terasa lapang, baik berupa penggabungan atau menciptakan ruang multifungsi. Konsep ruang terbuka (open plan) diterapkan dengan mengaburkan batas antarruang. Caranya adalah dengan menghilangkan sekat masif dan menggantinya dengan sekat transparan sehingga ruang “bertambah” dan juga memungkinkan ruang mendapatkan banyak cahaya alami. Jumlah ruang-ruang yang tak terpakai semakin diminimalkan. Setiap ruang yang tercipta harus berfungsi.

Selain itu, desainnya dibuat kompak Kental dengan Nuansa Alam Lingkungan dioptimalkan untuk penghematan energi dan memberi view menarik untuk rumah. Tumbuh-tumbuhan dipertahankan keberadaannya. Bangunan dirancang menghadap taman dan di sela-sela pepohonan.

Selain mempertahankan vegetasi, cara ini juga membuat pohon berfungsi sebagai “payung alam” yang melindungi bangunan dari terik sinar matahari dan menjadi pasokan udara segar sehingga interior menjadi sejuk.

Mengoptimalkan alam juga dicapai dengan fasad yang terbuka, dengan kisi-kisi yang bisa dibuka tutup untuk privasi dan perlindungan terhadap matahari. Atmosfer nuansa alam diperkuat dengan pilihan warna warna netral seperti putih dan abu-abu.

  • Pastikan Rumah tersebut Teraliri Listrik dengan Sempurna

listrik saat ini merupakan kebutuhan utama dalam beraktifitas. Nah bila listrik PLN mati tentu akan mengganggu aktivitas dan kenyamanan penghuni rumah bukan? di artikel ini kami menyarankan menggunakan genset perkins sebagai backup daya listrik di rumah. Kenapa genset perkins? karena genset perkins terkenal akan kualitas dan daya tahannya yang terbaik di dunia

About The Author

Add Comment